Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Rabu, 02 April 2014

DESAIN MESIN TEPAT GUNA PENCACAH PAKAN TERNAK

Ternak merupakan salah satu usaha dalam masyarakat untuk meningkatkan pendapatan, salah satu ternak yang paling banyak yaitu ternak sapi. Sapi dipilih sebagai hewan ternak dikarenakan pertumbuhan sapi yang relatif cepat dan pemeliharaan sapi yang memiliki waktu singkat.

Salah satu makanan utama untuk sapi adalah rumput. Akan tetapi untuk saat ini rumput murni bukanlah makanan untuk sapi, dikarenakan pakan tambahan juga harus diberikan untuk menambah gizi agar daging sapi lebih cepat berkembang. Pakan tambahan tersebut seperti bekatul, ramuan sentrat, ketela, ampas tahu, dsb.

Inisiatif peternak pencampuran rumput dengan bahan yang lain ini akan menghemat biaya dalam pembelian rumput. Akan tetapi dengan pencampuran ini rumput harus dipotong kecil-kecil terlebih dahulu ketika akn dicampurkan dengan bahan yang lain.

Salah satu kendala peternak dalam hal ini adalah penyedian potongan rumput dalam jumlah besar untuk ternak yang banyak. Sedangkan tenaga untuk mencacah apabila menggunakan tenaga manusia (secara manual) hal tersebut akan membebani peternak dalam pemotongan rumput ini. Dari paparan diatas maka sangat dibutuhkan sekali inovasi dalam pemecahan masalah pemotongan rumput ini, yang salah satunya dengan desain mesin berikut ini:

Prinsip Kerja dari mesin ini adalah:
Mesin pencacah rumput pakan ternak hasil modifikasi ini menggunakan motor listrik sebagai sumber tenaga penggerak. Mesin ini mempunyai sistem transmisi tunggal yang berupa sepasang pulley dengan perantara v-belt. Saat motor listrik dinyalakan, maka putaran motor listrik langsung ditransmisikan ke pulley 1 yang dipasang seporos dengan motor listrik. Dari pulley 1, putaran akan ditransmisikan ke pulley 2 melalui perantara v-belt, kemudian pulley 2 berputar, maka poros yang berhubungan dengan pulley akan berputar sekaligus memutar pisau perajang. Hal tersebut dikarenakan pisau perajang dipasang seporos dengan pulley 2.

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

1 komentar:

  1. selamat malam untuk admin yang terkait boleh kah saya minta email atau no telpon selaku yang merancang designt mesin diatas. guna untuk meminta izin sebagai bahan referensi perkuliahan terima kasih

    BalasHapus